Dota 2 Update Patch 7.29c: Perubahan Besar dan Nerf Hero Serta Item

Beastmaster, Grimstroke, Dawnbreaker dan Puck alami nerf

Valve merilis patch 7.29c pada 30 April 2021. Update terbaru Dota 2 ini membawa beberapa perubahan keseimbangan pada beberapa hero dan yang dinilai terlalu OP. Setelah menghadirkan patch 7.29b dua minggu lalu, Valve membawa beberapa perubahan lagi. Patch 7.29c membawa nerf atau bisa diartikan secara sederhana pengurangan atau penurunan kekuatan hero secara statistik.

Hero yang mengalami nerf paling signifikan diantaranya Beastmaster, Grimstroke, Dawnbreaker dan Puck (kecuali Dawnbreaker), dimana semua hero ini tetap menjadi pilihan pertama baik oleh player pub maupun d scene pro.

Sementara untuk perubahan pada item, Solar Crest menjadi satu-satunya item yang berubah signifikan dengan mendapatkan sedikit nerf dan menjadi item yang harus dibeli di patch terbaru. Berikut rangkuman Hero dan Item yang mengalami nerf pada udpate patch 7.29c

Nerf Hero Dota 2 di Udpate patch 7.29c  

Beastmaster

WILD AXES
Scepter tidak lagi mendapat longer provides bonus damage

INNER BEAST
Attack speed meningkat dari 10/20/30/40 menjadi 15/25/35/45

TALENTS
Level 15 Talent bertambah dari +300 Health Beastmaster Controlled to +350
Level 20 Talent bertambah dari +30 Boar Damage to +35
Level 20 Talent turun dari -35s Primal Roar Cooldown to -30s

beastmaster dota2 9b6c0

Sejak Beastmaster mendapat buff untuk Aghanims-nya di patch 7.29, hero ini jadi sangat mendominasi permainan sehingga menjadi pilihan first pick sekaligus hero yang di banned di sebagian besar pertandingan pro dan pub peringkat Immortal.

Dengan Aghanimnya, kemampuan "Wild Axes" menghasilkan damage tambahan 40 dan mengurangi mana cost dan tanpa cooldown. Hal ini mempengaruhi gameplay karena pemain hanya akan membeli Aghanim sebagai item pertama kemudian mengayunkan “Wild Axe” ke setiap musuh, termasuk Roshan, sampai mati tanpa resiko. Dengan rilis 7.29c, hero ini di-nerf agar seimbang. Menarik untuk melihat apakah buff minimal yang diterima hero ini juga akan berpengaruh di area lain dari kit-nya sehingga Beastmaster tetap di meta.

BACA JUGA: Topson Ungkap Resep Sukses Jadi Pro Player Dota 2

Dawnbreaker

Agility diturunkan dari 20 + 2.4 menjadi 14 + 1.7

CELESTIAL HAMMER
Manacost membutuhkan lebih dan akan terus naik dari 110 menjadi 110/120/130/140

TALENTS
Level 10 Talent turun dari +8 Strength to +7

dawnbeaker dota2 945e5

Saat dirilis, Dawnbreaker dianggap sebagai hero yang lemah sehingga mendapatkan beberapa buff pada mini-patch. Namun, penambahan stats membuatnya menjadi sedikit terlalu bagus. Hasil bonus stats dan skill Dawnbreaker justru membuatnya lebih unggul di setiap aspek. Patch ini juga memberikan nerf kedua berturut-turut untuk perolehan stat skillnya. Talenta level sepuluh juga mendapat sedikit nerf dari +8 menjadi +7 Strenght. Setelah nerf ini tentu akan mengurangi kontribusi Dawnbreaker khususnya sejak saat draft pick sehingga tidak lagi terlalu versatile melainkan sesuai lineup dan strategi yang lebih spesifik. 

Puck

DREAM COIL
Cooldown naik dari 80/75/70 menjadi 80
Break damage menurun dari 300/400/500 menjadi 200/300/400 (scepter to 300/450/600)

puck dota2 722b2

Puck dianggap overpowered dan broken bahkan sebelum patch 7.29. Namun, setelah update patch, hasil nerf yang diterimanya belum juga dianggap signifikan. Hero ini punya damage terlalu besar dn terlalu kuat dengan kit yang juga sulit dipahami. Puck telah di nerf selama lima berturut-turut demi menyeimbangkannya menjadi normal. Kali ini, kekuatan pamungkas "Dream Coil" nya mengalami nerf cooldown dan damage. Dream Coil mungkin satu-satunya bagian dari kit Puck yang tetap 'overpowered' sehingga membuat hero semakin seimbang dan mungkin membuat pemain mulai mempertimbangkan hero lain karena role teamfight-nya di nerf. 

Grimstroke

INK SWELL
Movement speed bonus turun dari 12/14/16/18% menjadi 10/12/14/16%
Stun menurun dari 1/1.9/2.8/3.7 menjadi 1.1/1.9/2.7/3.5

TALENTS
Level 15 Talent Ink Swell Movement Speed menurun dari +20% menjadi +16%

Sebelum patch 7.29, Grimstroke adalah hero yang cukup seimbang. Namun, update pada spel "Ink Swell" dengan Aghanim's Shard-nya, hero ini jadi punya damage besar dengan biaya yang relatif tetap atau kecil. Dalam sebuah wawancara pada putaran DPC, pemain Pro dan veteran Ah-Fu menyatakan bahwa Grimstroke menjadi broken karena hanya membutuhkan Aether Lens dan Shard untuk meraih kekuatan penuh dalam pertarungan.

grimstroke dota2 44f1f

Kombinasi Shard dan spell "Ink Swell" menghasilkan 50% lebih damage dan heal 50% dari total damage selama durasinya dan seolah-olah itu tidak cukup, spell ini juga sulit dilepaskan target setelah durasinya. Buff ini ditambah Shard serta-merta membuatnya OP. Nerf pada Shard dan skill akan menyeimbangkan Grimstroke sehingga hero ini dipilih untuk situasi khusus, misalnya jika membutuhkan hero heavy dispel untuk menghadapi musuh. 

Solar Crest

Solar Crest, di 7.29 mengalami penurunan besar-besaran hingga 1000 gold dengan sedikit atau tanpa pengurangan manfaat dan buff langsung untuk item tersebut. Item tersebut menjadi wajib untuk dibeli di hampir setiap lane.

solar crest dota2 3f2c9

Sempat tidak terkena nerf di 7.29b tetapi di 7.29c item ini mengalami sedikit perubahan stat, dan buff kecepatan serangan berkurang 10. Memang nerf kecil sehingga item ini kemungkinan masih sangat populer, tapi setidaknya pemain sekarang mulai mencari opsi lain sebelum akhirnya menggunakannya.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

5 Hero Dota 2 Dapat Buff Signifikan di Patch 7.29b

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!