Facebook Gaming Cetak Rekor 345 Juta Jam Total Waktu Tonton, Twitch Raih 1,4 Miliar Jam di Juli 2020

Jumlah viewership Twitch & Facebook Gaming naik lebih dari 50% di Q2 2020
by Ligagame
facebook-gaming-cetak-rekor-345-juta-total-waktu-tonton

Jumlah viewership Twitch & Facebook Gaming naik lebih dari 50% di Q2 2020


Di tengah global pandemi, perkembangan dunia esports tak menunjukkan adanya tanda-tanda memperlambat. Bahkan sebaliknya, esports memperoleh pertumbuhan yang sangat signifikan dengan semakin banyak orang diam di rumah. 

Beberapa hari yang lalu, salah satu game android battle-royale Free Fire mencetak rekor 100 juta pemain aktif harian

Perkembangan ini bisa dilihat juga di aplikasi livestreaming seperti Twitch dan Facebook Gaming, berdasarkan laporan dari StreamElements dan Arsenal.gg.

BACA JUGA: 10 TURNAMEN ESPORTS TERBESAR 2020 DENGAN JUMLAH PENONTON TERBANYAK

Twitch Mencapai 1,4 Miliar Jam Total Durasi Video Yang Ditonton

data-facebook-gaming-dan-twitch-jumlah-jam-tonton-Q2-2020
Sumber Gambar: StreamElements

Dibandingkan Q1 2020, jumlah penonton Twitch naik 60% di bulan Juni, dengan Just Chatting sebagai kategori paling populer, dan disusul oleh League of Legends dan Fortnite. 

Seiring dengan kenaikan jumlah penonton ini, total durasi video yang ditonton naik pesat, dengan titik puncaknya pada bulan April 2020. 

Dari data StreamElements, salah satu hal menarik adalah beberapa dari game ini mengalami penurunan jumlah viewership. 

kategori-paling-populer-twitch-juli-2020
Sumber Gambar: StreamElements

Walau persentase penurunan tidak signifikan untuk sebagian besar game tersebut, total jam tonton Counter-Strike: Global Offensive turun sebesar 90%, dari 72 juta menjadi 38 juta. Sebaliknya, game FPS terbaru yaitu Valorant mengalami kenaikan sebesar 5%, hampir mencapai 50 juta jam durasi tonton, dan menduduki peringkat di atas CS:GO. 


BACA JUGA: INI DIA 5 TIM ESPORTS INDONESIA PALING SUKSES DI TAHUN 2020

Facebook Gaming Raih Rekor 345 Juta Total Jam Video Yang Ditonton 

Di tahun 2020 ini, Facebook gaming mengalami perkembangan besar di dunia esports. Walau jumlah viewershipnya tak sebanding dengan Twitch, total jam Facebook Gaming ini naik 215% dibandingkan Juli 2019, dan 75% dibandingkan Q1. 

Di akhir bulan Juli 2020, Facebook Gaming mencapai rekor terbarunya dengan jumlah durasi video ditonton sebesar 345 juta. Sedangkan Twitch mengalami sedikit penurunan sejak bulan April. 

Selain itu, di akhir bulan Juli, Facebook Gaming mengambil kesempatan untuk berkembang lebih lanjut melalui kerjasama dengan Mixer. 

Mixer merupakan salah satu layanan livestreaming populer yang dipegang oleh Microsoft. Tahun lalu, perusahaan tersebut sempat menandatangani kontrak dengan dua streamer terbesar - Ninja dan Shroud, dan berhasil menarik perhatian komunitas gamers di dunia. 


Sayangnya, data StreamElements kali ini tidak melaporkan perkembangan Youtube Gaming. Namun, berdasarkan pernyataan dari perusahaan livestreaming tersebut, Youtube Gaming “juga mengalami peningkatan masif dari bulan ke bulan.” 

BACA JUGA: FORTINITE DIHAPUS DARI APP STORE & GOOGLE PLAY, EPIC LANGSUNG TUNTUT APPLE & GOOGLE

Untuk berita esports terbarunya, jangan lupa follow Ligagame Esports

Tertarik nonton turnamen esports? Subscribe Facebook dan Youtube Ligagame Esports saja yuk! Bakal ada siaran gaming baru setiap hari yang pastinya gak membosankan!

smartfren-ies-ligagame

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!