Lead Developer Apex Legends Dipecat Gara-Gara Kasus Lama!

Rekam jejak digital 10 tahun silam
Daniel Klein APex Legends

Salah satu lead developer game Apex Legends dipecat setelah postingan bernunsa rasis dan seksis. Rekam jejak digital terkadang bisa kejam, jadi berhati-hatilah mengekspresikan sesuatu di dunia maya.

Respawn Entertainment memutuskan memberhentikan Daniel Klein, lead developer game Apex Legends lantaran cuitnnya pada tahun 2007. Well, sepertinya komentar rasis dan seksis yang dibuat Klein lebih dari satu dekade lalu "tersundul" alias kembali ke permukaaan.

Di era media sosial, ada kecenderungan untuk "mengulik" atau menelusuri serba-serbi seseorang ketika menjadi terkenal atau figur publik. Tak mesti melulu artis atau politisi, setiap orang yang akan menduduki posisi jabatan tertentu di dunia profesional hingga industri kreatif sepertinya harus waspada berinteraksi di dunia maya. Konten atau postingan lama akan hidup selamanya di ruang publik, dan berkali-kali tidak dapat dihapus sepenuhnya, komentar dan posting ini tidak pernah benar-benar hilang, dan dalam banyak kasus, kembali menghancurkan karier pemiliknya.

Apa yang menimpa Daniel Klein bukan kali pertama terjadi. Beberapa waktu lalu, Activision berpisah dengan aktor Ghost Modern Warfare, Jeff Leach, setelah serangkaian komentar seksis tentang streamer Twitch muncul kembali secara online.

Postingan Klein muncul kembali pada akhir Juli dan mulai beredar di Twitter. Diposting ke DeviantArt pada tahun 2007, blog Klein menyertakan beberapa posting ofensif dan kebencian yang menargetkan wanita dan orang Afrika. Dengan cepat Klein mengambil alih komentarnya, mencelanya sebagai indikasi apa pun dari karakternya saat ini. Baru-baru ini, Klein mengumumkan di Twitter bahwa dia telah mengerjakan minggu terakhirnya di Respawn Entertainment. Klein kemudian mengumumkan kepergiannya dari Respawn Entertainment.

BACAJUGA: Pemain Apex Legends di Jepang Selalu Kena Banned Gara-Gara Satu Kata Ini!

Tweet Klein menggambarkan karakternya pada saat itu (2007) dan tipe orang yang dia lihat sejak saat itu. Dia mengulangi bahwa komentarnya bukan berasal dari apa yang diyakininya, tetapi sekadar upaya untuk memancing reaksi orang. Dia mengakui niatnya itu dan mengatakan bahwa dia telah mencoba menjadi orang yang lebih baik sejak tahun 2007. Bagaimanapun, EA memecat Klein untuk komentarnya, dengan cara yang sama EA memecat salah satu direkturnya.

Ini bukan pertama kalinya Klein dipecat dari pekerjaannya di studio game AAA. Klein mengatakan kepada The Verge bahwa pada 2018 ia dipecat dari Riot Games karena melanggar kebijakan media sosial perusahaan mengenai pengecualian pria dari turnamen League of Legends.

Daniel Klein riot games 0a5b8

Saat di Riot Games,  dia membela keputusan PAX West untuk menawarkan event yang hanya mengizinkan wanita dan orang non-biner, tetapi ucapannya tidak sesuai dengan standar Riot Games. Sebelumnya, Respawn telah berkomitmen untuk mengatasi masalah pembangunan baik internal maupun eksternal perusahaan.

Situasi Klein menimbulkan pertanyaan lanjutan tentang persona di media sosial saat ini. Haruskah komentar orang-orang di masa lalu yang tidak pantas selamanya menunjukkan karakter mereka, atau haruskah mereka diizinkan untuk mengubah dan melanjutkan pekerjaan mereka? Sementara hasil yang terakhir lebih memaafkan, jauh lebih sulit untuk menindaklanjuti dan mewujudkannya. Isu tuduhan diskriminasi juga tengah menerpa Blizzard terhadap banyak eksekutif perusahaan, bahkan buntutnya banyak desainer Diablo 4 terpaksa meninggalkan perusahaan tersebut.

Ikuti terus info terbaru seputar Apex Legends di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

Syiva Angel, Youtuber dan Influencer Gaming Terjerat Kasus Narkoba Jenis Baru

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!