Apex Legends Mobile dan PUBG Mobile Dikembangkan oleh Studio yang Sama

by Jessica Elaine

Apex Legends Mobile dan PUBG Mobile hampir tidak memiliki kesamaan, selain genre-nya yang merupakan game Battle Royale. Namun, siapa sangka bahwa kedua game tersebut dikembangkan oleh studio yang sama, yaitu Lightspeed and Quantum Studios Tencent.

PUBG Mobile akan merayakan anniversary-nya untuk tahun keempat pada 19 Maret 2022. PUBG Mobile sendiri dikembangkan oleh sebuah studio asal China bekerja sama dengan pemilik IP PUBG, yaitu Krafton, selama kurun waktu empat bulan. Permainan tersebut kini telah berkembang menjadi salah satu game seluler terbesar di dunia, dengan lebih dari satu miliar unduhan.

Sementara untuk Apex Legends, ia berhasil memecahkan rekor untuk kategori game PC dan konsol. Seiring berjalannya waktu, Respawn Entertainment dari EA melihat potensi besar yang dimiliki oleh game seluler. Oleh karenanya, mereka berkomitmen untuk  menghadirkan game Battle Royal Apex Legends ke ranah smartphone.

Respawn Entertainment pertama kali mengungkapkan rencananya untuk terjun ke ranah seluler pada Oktober 2019. Terkait dengan hal itu, Respawn mempercayakan proses pengembangannya kepada studio pengembang PUBG Mobile. Mengingat bahwa studio tersebut mampu menghasilkan pengaturan game yang lebih besar, kemudian memadatkannya agar berfungsi dengan lancar di ponsel.

BACA JUGA: Apex Legends Season 12 Tambahkan Mode Control 9v9, Respawn Tak Terbatas!

Meskipun begitu, dalam sebuah unggahan di situs resmi Lightspeed and Quantum Studios, mereka mengatakan bahwa Apex Legends Mobile tetap dibuat di bawah pengawasan Respawn Entertainment.

Namun, terdapat satu perbedaan utama antara PUBG Mobile dengan Apex Legends Mobile, yaitu terkait pihak yang menerbitkan kedua game tersebut. PUBG Mobile diterbitkan oleh Tencent. Sementara untuk Apex Legends Mobile tetap diterbitkan oleh EA.

Saat ini, Apex Legends Mobile telah memasuki tahap peluncuran regional terbatas, yang dilakukan pada 10 negara di dunia. Salah satu negara yang berpartisipasi tidak lain adalah Indonesia sendiri, sehingga Ligagamers yang berniat untuk melakukan uji coba pada game tersebut, bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play Store dan App Store.

Sejauh ini, respon dari kalangan penggemar terkait peluncuran regional terbatas adalah positif, dengan rating sebesar 4.2 di App Store. Namun, kedepannya masih perlu ditinjau lebih lanjut apakah game ini bisa mengikuti jejak popularitas dari game Battle Royale Mobile lainnya, seperti PUBG Mobile dan Free Fire.

Hingga saat ini, perusahaan pengembangan game global yang bekerja sama dengan studio asal China untuk membuat game seluler bukanlah sesuatu yang hanya dilakukan oleh Krafton dan EA. Timi Studios dari Tencent juga pernah bekerja sama dengan Activision dan The Pokémon Company untuk membuat Call of Duty: Mobile dan Pokémon Unite.

Ikuti terus info terbaru seputar Apex Legends di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

Apex Legends Mobile: Cara Pra Registrasi dan Spesifikasi HP

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!